Pengertian dan Perbedaan dari Internet dan Intranet


 Pengertian internet dan intranet - internet yang ada dimasa sekarang ini, sudah banyak berkembang dari tahun ke tahun. Seiring perkembangan internet, kebutuhan manusia juga sangat beragam. Bahkan mereka tidak bisa lepas dari yang namanya Internet.

Walaupun banyak dari mereka yang menggunakan Internet, ada beberapa dari nereka yang belum mengerti apa arti dan kegunaan dari Internet sendiri. Selain internet ada juga Intranet, yang fungsinya sama sama menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lain.

Pengertian Internet


Internet ( Inteconnected-Network ) merupakan kumpulan komputer yang terhubung antara satu komputer dengan komputer lain dalam sebuah jaringan yang sering disebut dengan Network.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari komputer satu ke komputer lain.

TCP/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika rute tidak bisa digunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Jaringan yang membentuk internet memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Karena merupakan jaringan yang saling berhubungan, maka sebuah komputer yang telah terhubung ke internet berarti telah terhubung juga dengan semua komputer di seluruh dunia yang juga telah terhubung ke internet.

Pengertian Intranet


Intranet merupakan sebuah jaringan komputer yang dibangun berdasarkan tekhnologi internet yang didalamnya terdapat basis arsitektur berupa aplikasi web dan tekhnologi komunikasi data. Intranet menggunakan protokol TCP/IP. Protokol ini memungkinkan suatu komputer mengirim dan memberikan alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan tanpa kekurangan apapun.

Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti:

    1. Aplikasi Browser ( internet explorer, opera, mozila firefox, netscape)
    2. Komputer server
    3. Perangkat jaringan
    4. Protokol TCP/IP
    5. Bahasa pemrograman ( php, mysql, c++, dll )
    6. Komputer Client
    7. Perangkat bantu pengembang

Perbedaan Internet dengan Intranet

Internet

          Merupakan sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP sepertu internet, hanya saja digunakan dalan interial perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web.

Intranet

            Merupakan komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer didunia walaupun beda sistem operasi dan juga mesin.

Sekian penjelasan yang dapat saya sampaikan, jika ada pertanyaan, saran, maupun kritikan silahkan untuk komentar dibawah. Saya pasti akan menerima komentar anda dengan baik jika anda menggunakan kata-kata yang sopan. Terima kasih,
LihatTutupKomentar