Kesalahan Fatal Yang Sering Dilakukan Saat Mengisi Daya Ponsel


Banyak orang yang tidak tau bahwa ada Kesalahan-kesalahan saat mengisi daya yang bisa membuat ponsel mereka rusak.
Pada zaman ini, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, bahkan orang tua sudah mempunyai smartphone mereka sendiri. Karena mudah digunakan dan juga banyak fungsinya, mereka lebih memilih menggunakan smartphone daripada telepon rumah.

Ada banyak sekali dari mereka yang tidak mengetahui bahaya pada saat mereka mengisi daya ponsel mereka. Jika hal hal itu terus dilakukan, akan mendapatkan dampak buruk pada ponsel mereka.
Berikut ini 6 kesalahan fatal yang sering dilakukan saat mengisi daya ponsel

1. Mengisi daya Smartphone Semalaman Penuh


Smartphone menjadi terlalu panas saat diisi daya adalah kesalahan yang sangat umum. Biasanya hal ini terjadi saat pengguna mengisi daya smartphone sebelum tidur dan tidak mencabut kabel selama berjam-jam, hingga semalaman penuh.

Jika hal ini berlangsung lebih dari 3-4 jam, ini bisa jadi masalah. Karena baterai smartphone biasanya mencapai 100% ketika sudah dicarge selama 2-3 jam.

Berhentilah melakukan hal buruk ini. Kalau hal ini terus berlangsung, suhu baterai bisa naik terlalu tinggi dan tentu merusak perangkat. Ancaman lain yang kini sering terjadi adalah baterai akan mengembang bahkan sampai meledak.

2. Bermain game saat mengisi daya


Kesalahan ini sering kali dianggap sepele bagi beberapa orang. Bahkan sudah menjadi kebiasaan mereka untuk bermain game saat mereka mengisi daya.

Jika kalian berfikir pemakaian baterai terbesar pada ponsel kalian adalah paket data dan semua koneksinya. Lalu kalian memilih untuk mematikan semuanya tapi tetap bermain game saat mengecas ponsel.

Lalu kalian bertanya-tanya mengapa baterai begitu lama terisi? Kabar buruknya, grafis aplikasi berat seperti game, menonton, dan video sesungguhnya menguras baterai kalian lebih cepat ketimbang browsing di internet. Hentikan kebiasaan buruk anda tersebut sebelum mendapatkan masalah lebih lanjut.

3. Terlalu Sering Menggunakan Power Bank


Ini yang paling sering dilakukan, yakni sering mengisi daya ponsel dengan menggunakan powerbank, bahkan ketika di rumah sekalipun. Memang tidak ada salahnya menggunakan powerbank, namun hanya pada saat mendesak dan benar-benar sangat dibutuhkan.

Mengisi daya ponsel menggunakan powerbank tentunya akan membuat kondisi baterai jadi berkurang daya tahannya, karena arus listrik yang dihantarkan pastinya tak maksimal.

4. Membiarkan Baterai Hingga 0%


Kesalahan berikutnya yang berdampak besar adalah tetap menggunakan ponsel kalian hingga kehabisan daya 0%. Ini merupakan hal yang sangat keliru. Karena membiarkan HP sampai mati total akan mengakibatkan ion lithium dalam baterai mudah menguap dan rusak.

5. Mengisi Baterai Ditempat Yang Empuk


Kesalah selanjutnya adalah mengisi daya ponsel diatas sesuatu yang empuk. Contohnya kasur, Sambil menunggu Ngecas HP ditaruh dikasur sebenarnya berdampak buruk.

Panas yang dihasilkan ketika sedang mengisi baterai akan semakin bertambah ketika berada di tempat yang empuk.
Sebaiknya charge di tempat yang keras seperti meja atau lantai.

6. Menggunakan Carger Palsu/Bajakan 


Menggunakan charger palsu itu bukanlah pilihan yang terbaik. Karena menggunakan charger palsu akan merusak ponsel kamu secara berlahan.

Sekian informasi tentang 6 kesalahan fatal saat mengisi daya ponsel yang saya berikan. Jika ada salah ataupun kekurangan silahkan berkomentar dibawah. Terimakasih,
LihatTutupKomentar