TRAGEDI API PANAS

Kebakaran hutan | bisnis.com

Musibah kebakaran hutan atau wild res merupakan fenomena memprihatinkan di dunia. Tidak hanya Indonesia, negara-negara lain juga mengalaminya. Dan bahkan dalam skala lebih besar dengan menelan korban nyawa dan harta.

Australia misalnya pernah mengalami kebakaran hutan terburuk yang disebut Black Saturday 2009. Pada akhir Januari hingga Maret 2009, tidak kurang dari 450 ribu hektare lahan terbakar dan ribuan rumah maupun bangunan lain hangus. Musibah di kawasan negara bagian Victoria itu juga menelan 173 korban jiwa. Penyebab utama kebakaran adalah suhu udara yang begitu panas saat itu, mencapai 43-45 derajat celsius. Angin kencang dan banyaknya kabel listrik yang tumbang dan memercikkan api juga memperparah keadaan.

Amerika Serikat adalah negara lain yang sering mengalami kebakaran hutan. Bahkan rekor kebakaran hutan mematikan masih dipegang oleh Negara Paman Sam tersebut (lihat tabel). Terakhir, gunung-gunung di kawasan barat AS dilalap si jago merah. Dampaknya adalah pemasukan daerah dari wisata terganggu. Tutupnya sejumlah tempat rekreasi, perkemahan lainnya membuat harapan mendapatkan dolar dari para turis sirna.

Baca lanjutannya di MountMag edisi 10..

(Anwar)