Rute Pendakian Bawakaraeng

Camping di bawakaraen | Hendri

Gunung Bawakaraeng berada 75 km dari arah kota Makassar. Gunung yang namanya berarti “Mulut Tuhan” ini merupakan gunung favorit bagi para pendaki gunung disekitar Makassar, dan selalu dikunjungi pendaki di akhir pekan. Gunung yang berketinggian 2.830 mdpl ini berada di Kabupaten Goa Sulawesi Selatan. Di kaki gunung ini terdapat daerah wisata pegunungan terkenal di Sulawesi Selatan yaitu Malino yang bisa ditempuh dengan waktu tempuh berkendara kurang lebih dua jam. Rute umum pendakian menuju puncak Bawakaraeng adalah dari desa Lembana yang berada di daerah Malino.

AKSES TRANSPORTASI
Dari dalam kota Makassar kita terlebh dahulu harus menuju terminal lama yaitu terminal Sungguminasa bisa dengan menggunakan menggunakan angkutan kota atau yang dikenal juga dengan sebutan “pete-pete” . Dari terminal lama ini ada angkutan pedesaan berwarna merah dengan jurusan trayek Malino hingga ke kampung Beru dengan waktu tempuh 2 hingga 3 jam. Pada umumnya para supir angkutan tersebut sudah mengenali para pendaki yang akan mendaki gunung Bawakaraeng dan biasanya mereka mengantarkannya hingga ke desa Lembana. Selain menggunakan angkot anda juga bisa mencarter kendaraan dari Makassar dan ini akan jauh lebih cepat lagi dan bisa menghemat waktu.

PERIJINAN
Perijinan pendakian tidak terlalu susah, para pendaki hanya diwajibkan untuk mengisi buku tamu yang berada di rumah kepala desa Lembana dan membayar retribusi Rp.2.000/orang.

RUTE PENDAKIAN

Baca lanjutannya di MountMag edisi 11…

(Hendri)