Memilih GPS yang Tepat Untuk Mendaki Gunung

Dewasa ini GPS bukanlah sebuah sebutan yang baru di telinga kita, teknologi ini bisa ditemukan di telepon genggam dan juga pada mobil. Akan tetapi kedua macam GPS tadi bukanlah didisain untuk dipakai untuk pendakian gunung. Jadi GPS dengan tur seperti apa dan bagaimana caranya memutuskan untuk memilih GPS yang cocok untuk mendaki gunung? Mari kita mulai mengulasnya.

Bagaimana cara kerjanya?
GPS adalah singkatan dari Global Positioning System, ini adalah cara keren mengatakan di mana anda berada. Secara simple seperti peta lokasi di mall atau pusat perbelanjaan ada titik yang mengatakan “You Are Here”, sama dengan hal tersebut hanya penentuan titik tersebut dilakukan oleh satelit, yang berjumlah sebanyak 24 satelit. Akan tetapi untuk pengeporasian GPS hanya butuh 3 satelit saja maka posisi anda sudah bisa diketahui. Sistim GPS dewasa ini, jika sistim WAAS (Wide Area Augmentation System) nya di aktifkan maka akan bisa mengkalkulasikan lokasi anda paling tidak dalam diameter 3 meter.

Karena GPS untuk mendaki gunung sangat tergantung pada satelit diatasnya, maka unit GPS itu sendiri mungkin akan mengalami masalah dalam mengkalkulasikan posisi anda jika secara terus menerus tertutup dibawah pohon, atau didasar jurang dan lembah yang dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh GPS untuk mendaki gunung?

Baca lanjutannya di MountMag edisi 10…

(Hendri)