Mapala JAGRAWECYA

Mapala JAGRAWECYA di mahameru | dok. pribadi

Fakultas Ekonomi Universitas Soedirman, Purwokerto. Jagraweçya adalah organisasi pendidikan karakter dan patriotisme yang mendasarkan pencapaian tujuannya melalui pelaksanaan kegiatan di alam bebas. Jagraweçya berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu terdiri dari kata Jagra yang berarti Patriot dan weçya yang berarti alam yang hijau. Sehingga diharapkan kedepannya agar anggota – anggota Jagraweçya akan menjadi patriot – patriot yang akan menjaga alam beserta lingkungan.

Beranjak dari kesamaan hobi mendaki gunung dari beberapa mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsoed. Atas prakarsa Riwut Salju Tjokronolo, pada tanggal 25 Februari 1984 lahirlah organisasi yang bernama JAGRAWEÇYA. Mempunyai visi “Menjadi organisasi yang mencetak manusia unggul melalui kegiatan alam bebas”. Dan memiliki misi:

  1. Menciptakan organisasi yang kondusif;
  2. Meningkatkan intensitas dan partisipasi anggota dalam berorganisasi dan berkegiatan olahraga alam bebas;
  3. Mengembangkan kegiatan – kegiatan alam bebas.

Jagraweçya memiliki 4 divisi kegiatan, yaitu : 1. Divisi Gunung Hutan (mountaineering); 2. Divisi Panjat Tebing (Rock Climbing); 3. Divisi Telusur Gua (Caving); 4. Divisi Arung Jeram (Rafting). Kegiatan yang baru dilakukan adalah kemping perdana dengan calon anggota. Dalam waktu dekat akan mengadakan pendidikan dasar, rafting, caving, pendakian tradisi gunung Slamet dan pengembaraan.

Sekretariat :
Kompleks UKM / HMJ
Fakultas Ekonomi Universitas Jenderal Soedirman
Jl. Prof. Dr. HR. BoenyaminNo. 708 Grendeng – Purwokerto 53122