Gunung Slamet, Jalur Kaliwadas

Gunung Slamet, Jalur Kaliwadas | Harley

Gunung Slamet merupakan gunung api berbentuk kerucut tertinggi di Jawa Tengah atau nomor dua di Pulau Jawa, setelah Gunung Semeru. Kondisi hutan hujan tropis bisa dikatakan masih cukup baik. Gunung ini masih aktif hingga kini. Beberapa tahun belakangan tercatat sudah beberapa kali Gunung Slamet munjukkan aktivitas vulkaniknya.

Sejak beratus tahun lalu Gunung Slamet telah didaki oleh masyarakat sekitarnya hingga tembus ke gigiran kawah. Hal tersebut tercatat dalam risalah pendakian Junhuhn, orang Eropa pertama yang telah menjejakkan kakinya di puncak Gunung Slamet, hampir 2 abad yang lalu. Saat itu beliau telah menemukan tulang belulang manusia tidak jauh dari puncak.

Sampai kini pesona dan daya tarik Gunung Slamet selalu menarik setiap para pendaki gunung. Untuk mencapai puncaknya, ada beberapa jalur pendakian yang bisa dilalui. Diantaranya, Jalur Bambangan, Jalur Baturraden, Jalur Guci, Jalur Gambuhan, Jalur Kaliwadas dan Jalur Kaligua. Dari beberapa jalur pendakian tersebut, Jalur Kaliwadas menjadi jalur yang kami bahas dalam edisi ini.

Akses Transportasi
Bumiayu, menjadi kota kecamatan terdekat menuju titik awal pendakian, Dusun Kaliwadas. Dari Jakarta dapat menggunakan bis jurusan Purwokerto, turun di terminal atau pasar Bumiayu. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan angkutan desa menuju Desa Pengasinan. Lalu berganti kendaraan menggu- nakan angkutan desa jenis bak terbuka. Alternatif lain dari Desa Pengasinan dapat menggunakan ojeg motor. Namun, yang harus diperhatikan angkutan desa waktunya terbatas hanya sampai pukul 18.00 WIB.

Apabila Anda menggunakan kereta api, dapat turun di Stasiun Kereta Api Bumiayu. Kemudian dilanjutkan menggunakan angkutan umum menuju terminal atau pasar Bumiayu. Anda juga dapat turun di Stasiun Kereta Api Purwokerto. Kemudian dilanjutkan naik bis angkutan menuju Terminal Bis Purwokerto dan meneruskannya kembali dengan menggunakan bis jurusan Bumiayu dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Baca lanjutannya di MountMag edisi 10…

(Harley)