Rute Pendakian Jalur Wekas

Rute Pendakian Jalur Wekas | Hendri

Gunung Merbabu dengan ketinggian 3.142 m ini merupakan gunung yang sangat menarik. Medannya yang berbukit- bukit dengan didominasi oleh tumbuhan ilalang membuat pemandangan di gunung ini mempunyai keindahan tersendiri jika dibandingkan dengan beberapa gunung lain yang ada di Jawa Tengah lyang selalu tampil dengan kerucut sempurna seperti Gunung Slamet, Sumbing, Sindoro dan tetangganya yaitu Gunung Merapi. Selain itu dibandingkan gunung-gunung tersebut Merbabu lebih memiliki sumber air.

Gunung ini umum nya diakses dari arah Kopeng atau Selo namun ada satu jalur lagi yang juga biasa digunakan oleh pendaki yaitu jalur dari Desa Wekas yang berada di sisi Barat gunung ini. Jalur wekas ini lebih pendek jika dibandingkan dengan jalur dari Kopeng ataupun Selo, selain itu juga memiliki sumber air yang cukup jika dibanding dengan kedua rute yang lain.

AKSES TRANSPORTASI
Untuk akses menuju desa Wekas, bisa kita tempuh dari berbagai daerah di Jawa tengah, seperti Magelang, Solo, Jogja dan Tirto Nadi lalu kemudian dilanjutkan naik bus jurusan Salatiga dan turun di Pasar Sapi, yang merupakan sebuah perapatan, dari sini kemudian berganti kendaraan bus kecil yang menuju Magelang dan turun di gerbang desa Wekas. Jika kita dari arah Pasar Sapi gerbang desa Wekas ini berada disebelah kiri, kita harus berganti kendaraan lagi naik ojek atau jika jumlah rombongan cukup banyak bisa mencarter mobil untuk menuju Basecamp pendakian di Desa Wekas.

Sedangkan akses dari kota Magelang, hingga ke desa Wekas, adalah naik mini bus dengan trayek Magelang – Kopeng dan turun di gerbang desa Wekas tersebut yang berada di sebelah kanan jalan jika kita dari arah Magelang.

PERIJINAN
Untuk perijinan pendakian tidak terlalu susah, formalitas dilakukan di Basecamp pendakian desa Wekas yang berada di Rumah Pak Tioso atau dikenal juga dengan sebutan Basecamp Mitra Indah. Dengan menuliskan nama lengkap nomer telpon dan alamat serta membayar retribusi pendakian maka ijin pendakian via jalur Wekas ini pun sudah dikantongi.

Baca lanjutannya di Mountmag edisi 9…