10 Perlengkapan Esensial Pendakian

KETERAMPILAN BERJALAN UNTUK PENDAKI GUNUNG | Suwasti Dewi

Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda akan mengalami tersasar di gunung, atau istilah kerennya situasi survival. Banyak para pendaki gunung, atau day hiker yang mengalami situasi ini tanpa mereka sadari sebelumnya. Bagi pendaki yang selalu penuh persiapan baik mengenai pengetahuan survival maupun perlengkapan survival kits nya akan lebih penuh percaya diri dalam menghadapi situasi survival yang tiba-tiba sudah berada dihadapannya.

Survival kits yang dijual dipasaran dewasa ini ada banyak beragam jenis dan penggunaan, MountMag merekomendasi kan 10 perlengkapan esensial yang pelru selalu dimiliki oleh pendaki gunung sebagai tambahan pada survival kits umum yang selama ini selalu ada dalam kantong survival kits Anda.

1. Handphone
Dengan kemajuan teknologi, banyak HP smartphone yang beredar dengan tur- tur menunjang navigasi selain itu jakauan BTS sinyal di Indonesia sudah cukup lumayan bisa menjangkau beberapa pegunungan. Sehingga HP akan sangat membantu pendaki/hiker yang tersasar untuk mengontak temannya dan memberitahukan posisinya. Sehingga SAR bisa bergerak cepat.

2. Peta
Peta area lokasi dimana berkegiatan, namun perlu diingat bawalah peta sesuai dengan lokasi Anda, terkadang peta satu gunung terlalu luas, sehingga badan pembuat peta membaginya menjadi beberapa bagian, jadi bawalah peta sesuai lokasi pendakian anda agar efektif penggunaannya.

3. Kompas
Tak pelak lagi merupakan barang wajib yang harus dipunya oleh penggiat alam bebas dan sudah tentu harus mengerti cara menggunakannya.

4. P3K kits
Satu set kecil P3K kits akan sangat berguna bagi anda di alam bebas, bawalah obat-obat yang sesuai dengan medan yang akan Anda hadapi dan juga obat untuk penyakit khusus jika Anda memiliki riwayat sebuah penyakit kambuhan misalnya jika berpenyakit asma, maka oksigen kecil inhaler pastinya akan Anda butuhkan untuk berjaga-jaga, atau obat mag bagi penderita mag.

5. Senter/headlamp
Senter atau bisa juga headlamp saya masukan kedalam 10 perlengkapan esensial karena perlengkapan ini akan sangat Anda butuhkan saat berada dialam bebas, biarpun Anda dalam perjalanan hiking satu hari pulang pergi ada baiknya senter ataupun headlamp Anda bawa karena Anda tidak akan pernah tahu nasip yang akan membawa Anda, bisa saja Anda tersasar dan melewati malam di tengah hutan, dengan memiliki senter Anda memiliki penerangan yang sudah akan pasti mempengarui juga tingkat rasa percaya diri Anda melewati malam terlebih jika Anda seorang diri. Selalu juga sertakan cadangan battery khusus untuk senter Anda, hindari membawa senter-senter hias seperti yang banyak dijual akhir-akhir ini belilah senter yang memang ditujukan untuk kegiatan pendakian gunung karena memang dirancang tangguh terhadap medan alam bebas.

Baca lanjutannya di MountMag edisi 9…

(Hendri Agustin)