VANGO HELIUM 100

VANGO HELIUM 100 | cheaptents.com

Kecenderungan pendaki saat ini adalah membawa perlengkapan seringan mungkin. Salah satu perlengkapan yang terus mengalami perkembangan teknologi adalah tenda. Saat ini begitu banyak beredar tenda berbagai merk yang menawarkan kecanggihannya. Salah satu tenda yang menurut saya dapat dijadikan andalan adalah tenda Vango dengan type Helium 100.

Flysheet dari tenda ini terbuat dari bahan Nylon atau Polyester dan disebut dengan istilah Protex. Pada bagian atas Flysheet dilapisi oleh teknologi SPU yakni lapisan silicon elastis yang berfungsi sebagai penghalang dari sinar UV serta menyerapnya air. Sedangkan bagian dalamnya dilapisi oleh polyurethane yang juga fleksible.

Frame terbuat dari bahan alloy yang super ringan dan kuat sehingga membuat tenda ini cukup ringan, dengan berat hanya 1.100 kg, sehingga layak untuk perjalanan singkat. Ukuran packing yang hanya 40x10cm, membuat tenda ini mudah dimasukkan kedalam ransel dan tidak membuat ransel kita penuh karena tenda. Bagian dalam cukup luas dan masih bisa diisi dua orang, meskipun tenda ini diperuntukan untuk 1 orang.

Meskipun bagian dalamnya terbuat dari bahan ripstop namun tetap breathable. Pada bagian ujung tenda terdapat ventilasi yang fungsinya untuk mengurangi kondensasi. Namun tenda ini bukan masuk dalam type free-standing tent, sehingga agak sedikit repot ketika mendirikan tenda sendiri, apalagi bila hujan.

(Suwasti)