Pendakian Gunung Ciremai

Pendakian Gunung Ciremai | Hendri Agustin

Gunung Cireme atau Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di provinsi Jawa Barat. Gunung ini berada pada tiga daerah kabupaten yaitu Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan, berdiri dengan ketinggian 3078 mdpl membuat gunung ini meruapakan salah satu gunung fovorit para pendaki gunung.

Jalur normal pendakian ke puncak gunung ini adalah dari Linggarjati, namun jalur ini kondisinya saat ini sangat terjal dan licin dan juga terpanjang dibanding rute pendakian lainnya di Gunung Cireme yaitu Rute Palutungan dan Rute Apuy. Sedangkan Rute Palutungan berkarakteristik lebih landai namun ini membuatnya lebih panjang dari pada Rute Apuy. Sehingga menjadikan Rute Apuy merupakan rute terpendek untuk mencapai puncak Gunung Cireme.

Pada rubrik Mountain Route kali ini kami akan membahas rute pendakian dari Desa Apuy yang berada di Kabupaten Majalengka.

Transportasi

Untuk mencapai Apuy, akses trasnportasi yang paling cepat dan mudah adalah dengan alur sbb:

• Jakarta – Cileunyi
Dari Jakarta naik bus yang melewati Cileunyi Bandung dan turun di mesjid dekat pertigaan yang menuju kearah Tasikmalaya.

• Cileunyi – Pasar Maja
Naik kendaraan umum mini bus sejenis ELF dengan rute tujuan Cikijing dan turun di Pasar Maja.

Tempat Menarik

Air Terjun Curug Muara Jaya
Air terjun ini terletak persis didesa Apuy. Dan sudah dikelola dengan baik desa Apuy. Air terjun ini bertingkat dua, tingkat pertamanya setinggi 50m dan tingkat keduanya setinggi 10 m. Lokasinya terletak didasar sebuah lembah hasil dari aliran sungai Muara Jaya yang berair bening dan sejuk. Selain sarana pendukung yang sudah tersedia lengkap.

Dilokasi ini juga terdapat sebuah camping ground. Air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan pada saat libur ataupun akhir pekan.

Rute Pendakian

Rute pendakian jalur dari kampung Apuy ini adalah rute yang terpendek diantara rute-rute lain menuju puncak Gunung Cireme. Titik awal pendakian dimulai pada ketinggian 1.449 mdpl. Berikut detail tahapan rute pendakian dari Apuy.

Baca lanjutannya di MountMag Edisi 7…

(Hendri Agustin)