Float2Nature – Kolaborasi Apik Antara Musik, Budaya, Petualangan, Alam dan Peduli Lingkungan

Float2Nature Performance | Dok. Pribadi

Suasana Telaga Cebong, kaki Gunung Sikunir, Dataran Tinggi Dieng, Sabtu malam, 9 Juni 2012 nampak berbeda. Setelah diguyur hujan selama dua hari berturut-turut, malam itu cuaca sangat cerah. Namun, yang nampak mencolok adalah puluhan tenda yang berjajar apik di pinggir telaga dan berhadapan langsung dengan panggung music.

Malam itu merupakan hari pertama even yang bertajuk Float2Nature. Music, landscape dan treecare. Itulah tema yang di usung dalam acara yang merupakan hasil kolaborasi Lembah Pelangi, Float dan Picnic Holic. Sebagaimana tema dari even tersebut, Float2Nature diselenggarakan untuk memperkenalkan alam Indonesia dengan cara yang unik. Menonton pertunjukkan musik sambil menikmati suasana alam yang jauh dari hiruk pikuk kota besar.
Melihat tampilan seni dan budaya masyarakat setempat serta penanaman pohon disalah satu kawasan Dieng belakangan ini sering terkena bencana longsor.

Sekitar pukul sembilan malam, setelah seluruh peserta tiba di lokasi acara, diantara dinginnya angin pegunungan serta naungan bintan- bintang, alunan musik Float mulai menghanyutkan para peserta Float2Nature. Perjalanan panjang dari Jakarta yang mereka lalui sebelumnya seolah sirna tersihir oleh alunan suara merdu sang vokalis serta permainan musik para personilnya. Lagu Sementara dan Pulang adalah sebagian dari lagu yang semakin menghanyutkan para peserta dalam balutan magis kesunyian Dataran Tinggi Dieng. Pertunjukkan musik Float yang berlangsung sekitar satu jam tersebut terlihat benar-benar membius para peserta.

Pagi hari, Minggu, 10 Juni 2012, para pserta kembali disuguhkan panorama cantik landscape pegunungan Dieng dari puncak Gunung Sikunir. Trekking sekitar setengah jam dari areal di Telaga Cebong terbayar. Walaupun sunrise pagi itu kurang sempurna karena tertutup sedikit awan, namun pemandangan indah yang disajikan dari puncak membuat kagum para peserta. Usai dari Gunung Sikunir, para peserta melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi beberapa areal wisata di Dataran Tinggi Dieng, seperti kawasan Candi Arjuno, Kawah Sikidang, Telaga Warna dan menyaksikan pertunjukkan seni dan budaya asli Dieng, Tarian Lengger.

Tarian asli Dieng yang mempunyai unsur magis dan berusia ratusan tahun. Gerak tari para penarinya benar-benar memukau para peserta. Arsitektur keindahan bangunan candi-candi di Komplek Candi Dieng menjadi pertanda berakhirnya acara yang berlansung dua hari ini. Float2Nature. Music, landscape dan treecare.

(Harley B Sastha)