SteriPEN, Si kecil pembasmi micro bakteri

SteriPEN | steripen.com

Selama beberapa tahun terakhir, saat mendaki gunung atau berada di alam bebas air bersih adalah merupakan kebutuhan utama. Umumnya air bersih bebas bakteri didapat dengan cara merebusnya atau memakai teknologi penyulingan dengan cara memopanya dengan alat penyaring air yang banyak bereda saat ini dipasaran.

Ada salah satu cara lagi untuk mensterilkan air yaitu dengan menggunakan alat yang disebut SteriPEN yang merupakan alar kecil bertenaga Baterai yang memancarkan sinar UV untuk menghancurkan bakteri, virus dan protozoa seperti giardia dan cryptosporidium agar air bebas kuman. Cara nya mudah sekali hanya dengan menekan tombolnya dan airpun steril, kedengarannya seperti sihir, tapi SteriPEN sebenarnya hanyalah merupakan versi skala kecil dari jenis yang sama yaitu sisitim permunian cahaya UV yang banyak kota-kota besar.

Untuk menggunakan SteriPEN, Anda cukup mencelupkan kaca lampu unit ke dalam secangkir jelas (airnya tidak berlumpur atau berkabut) atau botol air nyalakan lampunya dan aduk perlahan selama sekitar satu menit, air tersebut akan disinari sinar UV. Setelah selesai, matikan lampunya, dan “Hola”, air anda sudah steril dan siap diminum!

Produk ini tidak hanya dipakai di gunung akan tetapi
bagi anda yang suka backpacker keliling negara atau kota-kota akan sangat bermanfaat sekali. Awal tahun ini, SteriPEN si tokat sihir pemurni dipasarkan. Beratnya hanya beebrapa ons saja dengan panjang 5 inci pas didalam saku anda, mudah digunakan.

Bahkan anda tidak perlu menekan tombolnya untuk mengoperasikannya, sensor kecil dekat lampunya akan bekerja begitu unit di celupkan kedalam air dan memicu meknisme UV untuk aktif untuk mendisinfeksi. Setelah selesai, lampu dimatikan dan dan lampu berwarna hijau pada unit akan berkedip menandakan air tersebut sudah aman untuk di minum.

SteriPEN juga memiliki baterai yang terintegrasi melalui micro USB untuk pengecasan baterainya. Anda bisa pasang ke komputer laptop, stopkontak AC (dengan adapter yang disertakan), atau, untuk backpacking, kompatibel juga dengan solar charger. Spesi kasi perusahaan ini adalah 40 kali pemurnian untuk setiap pengecasan baterainya.

*sumber: www.steripen.com

(Hendri Agustin)