Pendakian Pegunungan Leuser

Pendakian Pegunungan Leuser | Hendri Agustin

Pegunungan Leuser adalah salah satu pegunungan yang memiliki rute pendakian yang panjang. Rata-rata untuk mencapai puncak Leuser membutuhkan waktu lima belas hari pergi dan pulang. Gunung yang berada dibawah pengawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) ini membentang di jajaran pegunungan Bukit Barisan dan berada dalam lima kabupaten di Nanggroe Aceh Darussalam. Yaitu Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh Selatan, Aceh Tengah, Aceh Timur dan Aceh Singkil. Juga sebagian wilayahnya berada dalam naungan dua Kabupaten di Propinsi Sumatera Utara yaitu di Kabupaten Langkat dan Kabupaten Karo. Medan yang berat dan panjang serta keanekaragaman folora dan faunanya membuat Pegunungan Leuser selalu menjadi target pendakian oleh para pendaki gunung di Indonesia.

Meskipun Puncak Leuser berada di NAD akan tetapi akses pendakian yang paling dekat dicapai dari Medan – Sumatera Utara, bukan dari Banda Aceh. Berikut adalah detail dari jalur pendakian untuk mencapai puncak Leuser yang merupakan puncak ketiga tertinggi setelah Puncak Loser dan puncak tertinggi Puncak Tanpa Nama.

AKSES TRANPORTASI

Dari kota Medan kita harus naik mobil antar provinsi menuju Kedah, ada dua mobil penumpang yang melayani trayek Medan ke Kedah yaitu PO. KARSIMANA dan PO. BTN. Kedua perusahaan transportasi ini mengoperasikan mobil jenis L300 yang sudah di modi kasi sehingga lebih panjang dari ukuran aslinya. Pool keduanya berada di Jalan Bintang di kota Medan. Jadwal keberangkatan dari Medan selalu sore hari jam 19:00 WIB. Dan sampai di kota Kedah pada pagi ke esokan harinya. Dari Kedah biasanya supir mobil mau mengantarkan hingga ke dusun yang merupakan titik awal pendakian Gunung Leuser.

PERIJINAN

Untuk perijinan pendakian Leuser harus di urus di Kedah Tapi biasanya bisa minta bantuan guide untuk mengurusnya. Pendakian gunung Leuser para pendaki diharuskan menggunakan jasa guide untuk menemani karena factor keamanan. Persayaratan untuk mengurus perijinan pendakian adalah surat jalan dari kepolisian daerah asal dan organisasi serta foto copy KTP juga di perlukan.

RUTE PENDAKIAN

Desa Kedah
N3o 59’ 43.5” E97o 15’ 27.5” 1188 m dpl

Dusun Penosan, yang merupakan bagian dari desa Kedah adalah merupakan gerbang masuk menuju puncak Leuser, di dusun kecil ini jalur jalan setapak dimulai dari depan sebuah cottage , jalur jalan setapak menyusuri ladang kemudian turun kearah sungai kecil dan menyeberanginya, kemudian masuk ke hutan kawasan Sinebuk Green. Didaerah ini kita akan menemukan 4 buah bungalow (N3o 58’ 49.4’ E97o 15’ 13.4”) yang disewakan untuk umum. Dari sini kemudian jalur kembali masuk kehutan yang basah dan tanjakan cukup tajam, dan begitu keluar dari kawasan ini kita akan sampai disebuah bukit yang terbuka dan ditumbuhi rumput, lokasi ini dikenal dengan nama Tabaco Hut

Baca lanjutannya di Mountmag edisi 6…
(Hendri Agustin)