Ketangguhan Pendaki Wanita

Ketangguhan Pendaki Wanita | Tuti Widiastuti

Menurut catatan banyak kaum wanita di dunia, dan juga di Indonesia membuktikan tangguh dan ulet mendaki gunung seperti halnya kaum pria. Bahkan prestasi para wanita yang berusia antara 40-50 terbukti benar-benar tangguh dan ulet berprestasi.

Dengan demikian, mendaki gunung adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh semua pihak baik laki, wanita, tua ataupun muda. Semua itu tergantung pada kesiapan kita baik sik mental maupun naluri. Semangat dan tekad merupakan hal utama bagi diri kita masing-masing, yang terus berusaha agar yakin bahwa kita akan mampu melakukan jauh lebih baik dalam pendakian selanjutnya.

Mendaki gunung merupakan kegiatan olahraga yang sangat menyenangkan, untuk kesehatan maupun untuk kepuasan batin. Hobi pendakian gunung, sebagaimana kegiatan di dalam alam bebas lainnya, selalu penuh petualangan yang menantang dan ekstrim. Pemahaman medan dan rute perjalanan merupakan hal yang sangat penting di perhatikan. Paling tidak dalam satu kelompok pendakian gunung perlu ada lebih dari satu orang yang benar-benar menguasai medan dan rute pendakian.

Ketangguhan Pendaki Wanita | Tuti Widiastuti

Untuk melakukan kegiatan ini diperlukan persiapan yang matang, sik maupun mental, bahwa kita akan siap menghadapi berbagai macam tantangan yang tak terduga. Selain persiapan sik mental, perlu diperhatikan pula peralatan dan perbekalan yang akan di bawa, antara lain yang sangat penting adalah : tas ransel khusus pendaki (carrier), jaket, jas hujan, sleeping bag, baju ganti, senter/ alat penerang, sepatu trekking, tenda, peralatan masak, kantong plastic, peralatan survival dan obat obatan.

Perlengkapan tersebut hendaknya disesuaikan dengan lokasi, rute, jangka waktu, jumlah pendaki dam kondisi cuaca. Sebelum dilakukan pendakian, kita perlu melapor dan memperoleh izin dari pihak pihak terkait pada pos-pos pendakian agar bila terjadi musibah di gunung dapat dihubungi dan melapor kembali setelah selesai.

Baca lanjutannya di MountMag Edisi 6…

(Tuti Widiastuti)