Disyon Toba, Sosok Pendaki Gunung dan Produsen Perlengkapan Outdoor

Disyon Toba pendaki gunung dan pengusaha | Harley B. Sastha

Pendaki gunung menjadi pengusaha? kenapa tidak. Karena pendaki gunung adalah seorang yang telah cukup keras di tempa alam dalam melakukan akti tasnya. Bekerja keras dan pantang menyerah. Itulah sebagian modal yang harus dimiliki seseorang yang ingin menjadi pengusaha.

Sebagaimana disampaikan oleh Disyon Toba, pendaki gunung yang juga seorang pengusaha muda, produsen perlengkapan pendakian gunung dan akti tas alam bebas lainnya.

Mau tahu seperti apa pengalaman pendakian gunung beliau hingga bisa mendirikan perusahaan pembuat perlengkapan kegiatan alam bebas bermerk dagang Consina? Berikut petikan wawancara reporter Mountmag, Harley B. Sastha, saat menemuinya di salah satu outlet resmi Consina di kawasan Buncit, Jakarta Selatan, awal Januari 2012 lalu.

Bagaimana awal mulanya Anda bisa mengenal kegiatan alam bebas, terutama akti tas mendaki gunung?

Awalnya waktu SMA. Saat itu bersama teman-teman sekolah jalan-jalan ke curug di Gunung Salak sambil li- hat orang yang mendaki gunung. Kemudian timbul ke- inginan untuk coba mendaki Gunung Salak. Sekali coba ternyata cukup menikmati. Sejak saat itu hampir setiap minggu pergi mendaki gunung.

Apakah saat itu kemudian Anda tergabung juga dengan klub pendaki gunung?

Tidak, justru karena kita yg memulai kegiatan tersebut, atas inisiatif bersama dibentuklah pencinta alam di SMA Fons Vitae I Marsudirini Jakarta, dengan nama GRAPALA. Waktu itu sekitar tahun 1990/1991.

Saat mendaki gunung apa yang membuat Anda begitu terkesan hingga saat ini?

Saya sebenarnya usia sekolah taman kanak-kanak, sudah sering diajak keluar masuk hutan oleh ayah saya. Jadi saat saya mulai, saya sudah menikmati alam dan udaranya. Seperti biasalah, kalau mendaki gunung rasanya dulu capek sekali, tetapi kemudian malah ketagihan. Sampai saya melatih sik saat itu, akhirnya naik gunung menjadi seperti sebuah tantangan.

Baca lanjutannya di MountMag Edisi 6…

(Harley B. Sastha)