TRANS SINGGALANG TANDIKE: Sisi lain keindahan dataran tinggi minangkabau

Camp tepi telaga dewi | Hendri agustin

Jalur salo yang melintasi gunung singgalang-gunung tandike telah jarang ditempuh pendaki. padahal jalur itu memberi nuansa petualangan tersendiri. Hendri agustin menceritakan petualangan jalur tersebut bagi anda.

Masih pagi, udara dingin lembab berkabut menyeruak menerpa muka saat resleting pintu tenda dibuka. perlahan saya keluar dari tenda dan berjalan melangkah keluar dari warung yang telah ditinggalkan pemiliknya ini. sementara di arah timur sosok gunung marapi terlihat berdiri kokoh dengan biasan sinar merah mentari pagi yang baru akan menyingsing, bercampur dengan warna kebiruan langit.

Kabut tipis menyelimuti tempat saya berdiri saat ini sehingga menjadikan pemandangan gunung marapi begitu mempesona pagi itu, ditambah lagi kepulan asap wedus gembelnya tampak membubung.
teman-teman yang lain masih di dalam tenda yang kami dirikan di dalam warung.

Bangunan warung ini ada persis di samping pemancar relay tv yang berada di punggungan kaki gunung singgalang. tempat ini berketinggian sekitar 1.560 mdpl.

Sejenak saya terpaku menatap warung ini, terbayang lagi kenangan sewaktu mendaki gunung singgalang di tahun 1996. kala itu gunung ini selalu ramai di akhir pekan oleh para pendaki dan membuat warung ini selalu riuh oleh gelak tawa mereka.

Baca lanjutannya di MountMag Edisi 5…

(Hendri agustin)