Rekor pendaki pertama yang menuntaskan 7 Puncak di 7 Pulau/kepulauan Besar Indonesia

seven summit indonesia | DoDy

Setelah konsep 7 puncak tertinggi di 7 pulau/kepulauan besar utama Indonesia dikenalkan pada tahun 2008 dan baru pada tahun ini tepatnya tanggal 13 July 2011, rekor pendaki yang menuntaskan ke tujuh puncak tersebut baru dipecahkan. Pendaki yang melakukan hal ini adalah Dody Johan Jaya berumur 42 tahun, pendaki yang dikenal dengan sebutan akrap Dody JP ini yang merupakan juga anggota kelompok Mapala Universitas Indonesia menuntaskan mendaki ketujuh puncak tersebut dalam kurun 21 tahun dengan perincian sbb:

  • Tahun 1990 Gunung Semeru (puncak tertinggi pulau Jawa)
  • Tahun 2003 Gunung Rinjani (puncak tertinggi kepulauan Sunda Kecil)
  • Tahun 2005 Gunung Latimojong (Puncak tertinggi pulau Sulawesi)
  • Tahun 2007 Puncak Carstenzs (Puncak tertinggi pulau Papua)
  • Tahun 2011 Gunung Binaya (Puncak tertinggi kepulauan Maluku)
  • Tahun 2011 Gunung Bukit Raya (Puncak Tertinggi pulau Kalimantan)
  • Tahun 2011 Gunung Kerinci ( Puncak tertinggi pulau Sumatera)

Dengan demikian Dody menjadi pendaki pertama yang menuntaskan mendaki ke tujuh puncak tersebut dan satu-satunya pendaki yang memegang rekor tersebut saat ini. Menurut Dody saat di hubungi oleh Mountmag, dia terpicu untuk menyelesaikan ke tujuh puncak tersebut begitu mengetahui adanya konsep 7 puncak tertinggi di 7 pulau/kepulauan besar utama Indonesia yang dicetuskan oleh Hendri Agustin, dan saat itu dia telah menyelesaikan empat puncak dari tujuh puncak tersebut, sebenarnya dia sudah mendaki Kerinci tahun 1988 saat ikut operasi SAR Yudha Santika siswa SMA 68 Jakarta yang hilang di gunung tersebut. Dalam operasi SAR tersebut dia bersama dengan seniornya almarhum Norman Edwin. Namun berhubung tidak mempunyai foto dipuncak pada saat itu maka Dody memutuskan untuk kembali mendaki Kerinci pada tahun 2011 ini, karena syarat untuk klaim telah mendaki 7 puncak tersebut harus disertai bukti otentik berupa foto di puncak masing-masing gunung tersebut.

Dody yang memulai hobby mendaki gunung dari kelas satu SMP ini bahkan juga sudah mendaki 3 dari 7 Puncak tertinggi di 7 benua dunia, yaitu Kilimanjaro puncak benua Afrika tahun 2009, Elbrus puncak benua Eropah tahun 2010 dan puncak Aconcagua yang merupakan puncak benua Amerika Selatan tahun 2011. Dia bertekat untuk juga menyelesaikan 7 puncak dunianya. dan berharap dengan adanya 7 puncak tertinggi Indonesia ini para pendaki Indonesia akan semakin bersemangat berprestasi. “Kita juga punya 7 puncak dan mempunyai tantangan yang berbeda satu sama lainnya, dan bisa dibanggakan” ujarnya sambil tersenyum saat mengakhiri wawancara singkat dengan Mountmag.

Semoga saja semangat Dody juga mengalir di ratusan bahkan ribuan pendaki Indonesia yang nantinya juga akan semakin mengangkat pamor gunung Indonesia, semoga!

(Mountmag)