REINHOLD MESSNER, Sang Legenda

Reinhold messner | pioletsdor.net

Selain telah melakukan lebih dari 100 perjalanan dan ekspedisi, pendaki legendaris reinhold messner juga telah menyelesaikan pemanjatan 14 gunung di atas ketinggian 8 ribu meter, pergi melintasi antartika, greenland dan gurun gobi.

Apa yang mendorong messner? apa kegiatan dia sekarang? Berikut wawancara sejumlah media jerman dengan messner baru-baru ini.

Anda sering mengatakan tidak akan bertualang lagi. Tapi kenyataannya tidak begitu.

Messner: Ya begitulah. saya memang seperti itu.

Banyak orang takut melakukan ekspedisi ekstrem seperti yang anda lakukan. Mengapa anda sendiri berani melakukannya?

Messner: saya mengandalkan insting dan intelektual. sama seperti hewan di alam liar yang mengandalkan instin mereka. inilah yang kurang menonjol lagi di kehidupan modern. insting saya terasah oleh ekspedisi dan petualangan yang saya lakukan. tapi memang tidak semua berjalan sesuai rencana, ada juga ekspedisi saya yang gagal. tapi itu juga bagus, kalau tidak, mungkin saya sudah tidak bakal berumur panjang seperti sekarang.

Kegiatan anda banyak sekali ya?

Messner: saya selalu berusaha mencari aktivitas baru. dulu waktu saya baru 5 ta- hun, orang tua saya mengajak naik gunung. setelah naik gunung lalu saya bertualang ke banyak negara. kemudian saya terjun ke dunia riset, menulis buku dan memberi ceramah.

Baca lanjutannya di MountMag Edisi 5…

(Augsburger allgemeine / Bild / Anwar)