Puncak sejati gunung raung

Gunung raung | harleY B sastha

Gunung raung yang mempunyai ketinggian sekitar 3.342 meter bisa dikatakan merupakan gunung dengan jalur pendakian terekstrim di pulau jawa. medan menuju bibir kawahnya menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang mendakinya.

Jalur pendakian yang selama ini sering dan umum digunakan adalah melalui sumber wringin, Bondowoso. namun mendaki melalui jalur ini hanya sampai di puncak utara gunung raung atau bukan puncak sebenarnya gunung raung yang terletak di sisi selatan.

jalur pendakian menuju puncak sebenarnya atau puncak sejatinya hanya bisa dilalui melalui jalur kalibaru yang dirintis oleh mapala univesitas 17 agustus (untag) surabaya tahun 2002, dengan waktu tempuh 3-4 hari dan jalur glenmore yang dirintis mapala universitas indonesia (ui) tahun 2003, dengan waktu tempuh 7-9 hari. seperangkat peralatan panjat wajib di gunakan apabila melalui jalur kalibaru maupun jalur glenmore.

Dari kedua jalur tersebut, hanya jalur kalibaru yang tracknya cukup terawat dan sudah dilengkapi dengan beberapa petunjuk pendakian di setiap campnya. waktu pendakian yang relatif lebih pendek dan tingkat kesulitan yang sedikit berada di bawah jalur glenmore, menjadikan kalibaru sebagai jalur pilihan para pendaki yang ingin menggapai puncak sejati raung. Berikut ini informasi mengenai jalur kalibaru untuk anda yang ingin menggapai puncak sejati gunung raung.

Dusun wonorejo, desa kalibaru wetan, kecamatan kalibaru, kabupaten Banyuwangi, jawa timur, merupakan dusun terakhir yang menjadi pintu masuk pendakian. sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani dan buruh perkebunan cokelat dan kopi. selain perkebunan, di dusun wonorejo juga terdapat tempat wisata air terjun yang cukup menarik yaitu curug penganten.

Baca lanjutannya di MountMag Edisi 5…

(harleY B sastha)