Pendaki Tuna Daksa Indonesia Menggapai Puncak Elbrus

Elbrus | liputan6.com

KEBERHASILAN Sabar, sang pendaki tunadaksa itu, bertahan di puncak Elbrus, Rusia, selama lima menit disambut baik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam teleconference di Jakarta Convention Center, Kamis 18 Agustus 2011.

“Saya bersyukur di cuaca buruk minus 10 derajad, Pak Sabar akhirnya berhasil di puncak,” kata Presiden. Sabar mengaku untuk bisa mencapai puncak harus mendaki gunung selama 6 jam yang dimulai pada pukul 10.00 waktu setempat dan tiba di puncak sekitar 16.15 pada 17 Agustus 2011. Dia didampingi pendaki Budi Cahyono untuk bisa berhasil menembus puncak Elbrus.

Warga Desa Gendingan, RT 3 RW 6, Jebres, Solo, itu kehilangan seluruh kaki kanannya dalam kecelakaan kereta api pada 1996. Namun, Sabar tetap semangat menafkahi keluarga dengan bekerja sebagai pembersih gedung.

Sabar sudah berkecimpung di dunia pendakian sejak 1985. Puluhan gunung pernah didakinya . Selain mendaki, ia juga aktif mengikuti perlombaan balap sepeda, dan panjat dinding. Ia bahkan pernah memenangkan medali emas kejuaraan panjat dinding Asia pada 2009.

(War/berbagai sumber)