Menghadapi Pacet di Gunung

Pacet Gunung | Anwar S

Para pendaki gunung mungkin sudah tidak asing lagi pengisap darah yang bernama pacet. Di hutan-hutan tropis yang jarang disinggahi bahkan terdapat dua macam pacet. Pertama, pacet warna kehitaman yang hidupnya di tanah atau di balik daun-daun kering dan satu lagi pacet yang hidup di dedaunan dan berwarna kehijauan.

Bagaimana trik agar selamat dari serbuan pacet atau minimal menanggulangi serangannya? Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Oleskan cairan anti nyamuk di tangan, kaki atau bagian lain yang berpotensi diserang pacet.
  • Pakailah celana stretch atau celana yang menempel ketat dengan kulit misalnya cela- na senam berbahan nylon, jangan kaos. Celana tersebut harus menempel ketat dengan kulit anda. Pacet tidak bisa menghisap darah jika bahan celananya dari nylon tapi jika menggunakan bahan kaos maka pacet masih bisa men- embusnya karena tenunan ba- han kaos tidak serapat bahan nylon.
  • Pakailah kaos kaki yang cukup ketat dan tebal untuk menutupi celana stretch.
  • Baru kemudian pakai celana panjang. Setelah mengenakan sepatu boot, tidak ada salahnya mengenakan gaiter. Meskipun pacet bisa tetap menyelinap di balik gaiter akan tetapi dia akan terhadang oleh kaos kaki dan celana stretch.
  • Masukan baju anda ke dalam celana. Jangan dibiarkan terbuka karena pacet akan menyelinap dan menghisap darah anda.
  • Tidak ada salahnya anda siapkan air larutan tembakau dan mencampurnya dengan sabun. Lalu masukan ke botol spray kecil dan anda bisa semprotkan begitu melihat pacet merayapi tubuh.
  • Di jalur yang banyak pacet usahakan untuk tidak berhenti lama atau duduk di tanah.
  • Jika pacet sudah terlanjur menghisap darah jangan ditarik paksa karena akan membuat bekas gigitan berdarah.

Pacet memiliki enzim khusus di mulutnya untuk mencegah darah yang dihisapnya membeku. Saat pacet sudah kenyang mengisap darah, dia akan terlepas sendiri. Luka bekas gigitan juga kering sendiri. Ada cara yang lebih extrem yaitu menyemprotkan insektisida pada kaos kaki, celana serta sepatu.

Pacet akan mati saat bersentuhan dengan sepatu atau kaos kaki. Tapi cara ini sedikit berlebihan karena pacet juga berada dalam rantai kehidupan. Ada burung tertentu yang memakan pacet. Jika kita meracun pacet dengan insektisida maka sama saja dengan memusnahkan populasi burung, Selain itu insektisida juga berbahaya untuk manusia.

(Hendri Agustin)