Gunung Tampomas

Gunung Tampomas | indonesiaituindah.com

Tampomas yang mempunyai tinggi sekitar 1.684 meter bisa dikatakan tidak seterkenal gunung-gunung lainnya. Padahal gunung ini memu- nyai bentangan alam dan keunikan yang tidak kalah menarik.

Berikut dua jalur pendakian berbeda dari gunung tertinggi di Kabupaten Sumedang ini.

JALUR CITIMUN

Citimun merupakan salah satu desa terakhir yang terletak di kaki Gunung Tampomas. Titik awal pendakiannya bisa dimulai dari bumi perkemahan Padayungan yang letaknya sekitar 15 menit berkendaraan motor dari gerbang Desa Citimun atau pangkalan ojeg motor.

Di kawasan bumi perkemahan ini, Anda dapat menemukan sumber air yang cukup banyak berupa aliran sungai di sisi kanan jalur pendakian. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan perkebunan hutan pinus yang cukup lebar dan berbatu-batu.

Di sepanjang jalan Anda dapat menjumpai tong-tong plastik serta batok-batok kelapa yang menempel di pohon pinus berisi getah pinus. Setelah berjalan sekitar 1 jam menyusuri jalan perkebunan, Anda akan tiba di TPG (Tempat Pengumpulan Getah).

Di sini terdapat bangunan sederhana dari bambu tempat penyimpanan sementara hasil panen getah pinus. Apapbila ingin menghemat waktu dan tenaga, Anda dapat meng- gunakan ojeg motor dari pangkalan ojeg motor Desa Citimun hingga TPG.

Baca lanjutannya di MountMag Edisi 4…

(haRLEy B SaSTha)