Ransel untuk perempuan

gear perempuan | hendri agustin

Dewasa ini perkembangan peralatan pendakian gunung sudah sedemikian maju, dan sejalan dengan itu kegiatan yang tadinya didominasi oleh laki-laki juga banyak diminati perempuan. Untuk mengakomodasi hal tersebut produsen peralatan pendakian sudah memproduksi beberapa peralatan pendakian yang ditujukan untuk wanita. Salah satunya adalah ransel yang dirancang untuk mengakomodasi perbedaan siologis perempuan dengan laki-laki seperti torso pendek dan bahu sempit.

Shoulder Straps (harness bahu)

Banyak wanita membutuhkan shoulder straps yang terletak lebih dekat satu sama lain dan ini berbeda dengan ransel yang ditujukan untuk pria.

Shoulder straps yang jauh terpisah cenderung sering meleset di bahu perempuan. Mengencangkan sternum strap dapat sedikit membantu, tapi hal itu akan membuat menjadi tidak nyaman jika terlalu ketat menariknya.

Padding pada harness bahu yang standar biasanya terlalu lebar, lurus, dan panjang bagi postur wanita. Hal ini dapat menyebabkan radang di ketiak dan membatasi dada.

Ada beberapa produsen memproduksi ransel yang memiliki harness bahu yang bisa diganti. Pilih yang lebih sempit, strapsnya yang pendek dengan sudut yoke miring. Ini dirancang untuk sesuai dan nyaman bagi tubuh bagian atas wanita.

Hipbelts (sabuk pinggang)

Hipbelts yang standar tidak selalu cocok dengan bentuk pinggul wanita. Hal ini dapat menyebabkan tepi bagian bawahnya menjorok kedalam sementara bagian atas sabuk pada posisi yang tidak pas serta canggung atau tidak sama sekali terposisikan secara nyaman di pinggul.

Baca lanjutannya di MountMag Edisi 2…