Matras Generasi Baru

matras angin | youtube: Backcountry Skiing Canada

Dari semula hanya berbahan plastik biasa, kini matras atau sleeping pad generasi baru tampil dengan fitur canggih yang membuat pemakainya semakin nyaman. Berikut tiga contoh sleeping pad generasi baru tersebut.

THERMAREST NEOAIR ALL SEASON

ermarest NeoAir | rei.com

Ini adalah matras terbaru keluaran Cascade Design yang baru dirilis pertengahan Mei 2011 di pasar Amerika Serikat. Sebelumnya sudah ada seri ermarest NeoAir original dan NeoAir Trekker. Kedua seri itu, terutama NeoAir original, men- dapat sambutan positif terutama karena bobotnya yang ringan.

NeoAir All Season memiliki tur utama yakni teknologi Triangular Core Matrix yang menghasilkan lebih dari 100 sel internal. Ditambah adanya Re ective Barriers membuat sleeping pad ini terasa hangat. Konstruksi dan bahan matras juga dibuat lebih kokoh untuk dipakai dalam segala musim.

Produk yang dibuat di Seattle, AS, ini dirilis dalam tiga model yakni Medium, Regular dan Large. Perbedaan utama pada berat (510 gram, 540 gram, dan 710 gram) lalu lebar (51cm, 51 cm, dan 63 cm) serta panjang matras (168cm, 183 cm, dan 196 cm). Ketebalan ketiganya sama yaitu 6,3cm.

EXPED SYNMAT UL7

EXPED SYNMAT UL7 | markswalkingblog.wordpress.com

Sleeping pad ini ditujukan terutama untuk para penggemar gear berbobot ringan. Mengandung insulasi mikro ber yang dilekatkan pada panel atas dan bawah matras.

Keunikan Synmat UL7 yakni memiliki dua katup berwarna hijau (untuk mengisi udara ke dalam matras) dan oranye (untuk mengeluarkan udara).

Matras ini bisa ditiup dengan mulut atau menggunakan pompa mini yang dijual terpisah.

POE PEAK ELITE AC

POE PEAK ELITE AC | amazon.com

Dirilis oleh Paci c Outdoor Equipment untuk menggantikan seri POE Ether Elite 6 dan sebagai kompetitor terhadap ermarest NeoAir.

Fitur utamanya adalah menggunakan pelapis aluminium untuk membuat matras terasa hangat. Ditambah insulasi sintetik yang dibubuhkan pada bagian atas matras.

Produsen sengaja mendesain agar insulasi dibuat lebih tebal di bagian badan daripada bagian sekitar kaki.

POE juga sudah merilis matras terbaru untuk kondisi cuaca lebih dingin yang dinamai seri POE Peak Oyl Mtn dengan tingkat insulasi lebih tebal.

(Anwar/dari berbagai sumber)