Keeksotisan Sabana Merbabu

Unik karena tujuh puncak dan taman edelweis | HARLEY B SASTHA

POSiSi Merbabu berdasarkan administratif masuk wilayah Kab. Magelang, Kab Boyolali, dan Kab Semarang, Propinsi Jawa Tengah.

Gunung berketinggian 3.142 mdpl itu berdasar kutipan Wikidipea berasal dari kata “meru” (gunung) dan “abu” (abu). Nama itu sendiri baru muncul pada catatan Belanda. Catatan lain menyatakan nama gunung berasal dari gabun- gan kata “meru” (gunung) dan “babu” (perempuan).

Empat jalur yang biasa dilalui yaitu Jalur Selo, Thekelan (Kopeng), Cunthel (Kopeng), Jalur Kedakan (Wekas). Masing-masing memunyai tingkat kesulitan, keunikan, dan keindahan tersendiri.

Dari beberapa jalur pendakian, kami hanya akan mengulas satu jalur yaitu Thekelan.

Desa wisata Kopeng

Merupakan salah satu daerah tujuan wisata cukup terkenal di Jawa Tengah tepatnya di Ke- camatan Getasan, Kabupaten Semarang. Letaknya yang be- rada di lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Andong serta berada di keting- gian 1.450 mdpl ini membuat panorama alamnya begitu memi- kat. Taman wisata alam Umbul Songo merupakan obyek wisata cukup terkenal di kawasan ini.

Jalur Thekelan

Salah satu dusun yang masuk kawasan desa wisata kopeng adalah Thekelan. Di dusun ini terdapat base camp sekaligus Posko Informasi Pendataan dan Pengendalian Pendakian Gunung Merbabu yang di kelola volunteer Komunitas Peduli Putra Syarif (KOMPPAS). Walau bangunan di base camp ini sederhana namun representatif karena dikelola cukup baik. Selain daya tampungnya cukup besar, fasilitas mushola, warung makan, toko souvenir dan MCK tersedia disini. Sebagai pelengkap, di base camp juga terdapat maket gunung Merbabu.

Nama dusun berasal dari pendiri dan leluhur penduduk desa, mbah Thekel. Dusun Thekelan memiliki sekolah dan kelompok seni yang cukup berkembang seperti: ketoprak drama tradisional dengan iringan musik gamelan, tari Jawa, musik orkestra dan lain-lain. Di dusun ini juga masih dapat ditemukan anak-anak perempuan berambut gimbal.

Jika anda mengenal Seven Summit Dunia, gunung Merbabu pun memilikinya dan namanya Seven Summit Merbabu. Jalur Thekelan merupakan jalur yang tepat untuk mendaki ke tujuh puncak tersebut. Waktu untuk mencapai puncak tertinggi gunung Merbabu melalui jalur ini cukup panjang sekitar 6 jam 50 menit – 8 jam 15 menit di luar waktu istirahat.

(HARLEY B SASTHA)